Webinar tentang Gizi Atlet Dan Prestasi

by ADMIN DISPORA NTB in KEOLAHRAGAAN

img17

Mataram – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” dengan resmi membuka Seminar dengan tema “Webinar tentang Gizi atlet dan Prestasi”. Diikuti oleh 203 orang dengan narasumber ternama. Kegiatan berlangsung di Aula Universitas NU pada Sabtu pagi, (27/06/2020).

Dalam sambutannya, Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM menyampaikan, Pembinaan atlet muda sejak dini mulai dari pemantauan status gizi, komposisi tubuh, hingga penanaman pola diet seimbang sesuai kebutuhan adalah investasi jangka panjang untuk menunjang prestasi atlet. Permasalahan lainnya yaitu, mengalami pemenuhan kebutuhan energi, protein, dan karbohidrat yang kurang. Kondisi-kondisi tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi atlet.

Di Indonesia, terdapat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 Pasal 63 yang telah mengatur tentang peran ahli gizi di bidang keolahragaan, yang menyebutan bahwa ahli gizi termasuk dalam salah satu profesi yang berperan dalam sistem keolahragaan nasional. Kajian implementasi dari Undang-undang ini akan menjadi fokus dalam seminar ini, karena menjadi suatu peraturan yang tertulis mengenai fungsi ahli gizi di bidang olahraga, tegasnya.

“Komponen gizi yang komprehensif mempengaruhi performa atlet sebesar 69,8%. Ahli gizi olahraga memiliki peran yang penting dalam memaksimalkan performa atlet melalui status gizi yang optimal”. 

Permasalahan yang berkaitan dengan minimnya peran ahli gizi di bidang keolahragaan di Indonesia dilatarbelakangi beberapa faktor, di antaranya pemahaman yang masih sempit mengenai peran ahli gizi, yang menganggap tugas ahli gizi terbatas di bidang penyajian makanan, serta tantangan dari segi finansial untuk memenuhi penyelenggaraan makanan yang ideal sesuai kaedah ilmu gizi dan untuk menambahkan tenaga ahli gizi ke dalam sebuah tim olahraga.

Selanjutnya, kami berharap dari kegiatan ini para peserta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang akan diterapkan dan diimplementasikan kepada masyarakat dan atletnya dengan tujuan agar meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terkait pentingnya peranan asuhan gizi yang tepat untuk mendukung performa atlit dan mendiskusikan agenda pengembangan kebijakan untuk mendukung peningkatan performa atlit melalui layanan gizi.

#ntbgemilang

#PemudaMajuOlahragaBerprestasi

#BersatuLawanKorona

3 years ago  Webinar tentang Gizi Atlet Dan Prestasi