Rapat Terkait Promosi Dan Degradasi Atlet PPLP/PPLPD NTB

by ADMIN DISPORA NTB in KEOLAHRAGAAN

img17

Mataram - Dinas Kepemudaan dan Olahraga Nusa Tenggara Barat konsisten menerapkan system promosi dan degradasi atlet di Sentra Keolahragaan PPLP/PPLPD setiap tahun, sehingga target mendapatkan atlet berprestasi di usia emas bisa terjawab.

Penerapan sistem promosi dan degradasi atlet pelajar yang menjalani pembinaan dan latihan olahraga khusus di Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) / PPLPD dari tahun ketahun, secara tegas dikemukakan Kabid Keolahragaan Dispora NTB, Anang Zulkarnain, S.H, saat rapat pada, Kamis (20/05/2021) di Aula Dispora NTB.

Ada tiga alasan seorang atlet PPLP/PPLPD NTB dipromosi atau digantikan oleh atlet lainnya yakni, apabila usia melampau batas dan juga apbila atlet tidak berprestasi secara berjenjang dan tidak disiplin baik ditempat latihan, sekolah, maupun mentaati semua aturan di Asrama PPLP, maka wajib digantikan dengan atlet baru, kata Kabid Keolahragaan, Anang Zulkarnain, S.H.

Penerapan aturan ini dikeluarkan Dispora NTB melalui Pengelola Sentra Keolahragaan PPLP NTB, karena ada atlet yang sering malas berlatih, tidak disiplin baik ditempat latihan, sekolah, maupun asrama.

Bukti lainnya adalah, mereka tidak menunjukan prestasi maksimal hasil monitoring pada berbagai event yang diikuti, baik ditingkat daerah maupun nasional, oleh karena itu, pengelola bertegas tidak mengakomudir para atlet tidak berprestasi dan digantikan oleh atlet lainnya, terangnya.

Sistem yang sama juga diterapkan kepada Pelatih dan Cabang Olahraga tidak berprestasi. Karena tujuan terbentuknya sentra PPLP/PPLPD adalah menyiapkan atlet berprestasi melalui tangan dingin seorang pelatih berprestasi.

“Di PPLP itu memang kita terapkan system promosi degradasi, baik itu cabang olahraga, pelatih, maupun atlet. Karena dari awal saya sudah tekankan bahwa, PPLP/PPLPD itu bukan tempat asuhan. PPLP/PPLPD itu pusat pendidikan dan pembinaan atlet-atlet berprestasi, dalam hal ini pendidikan maupun cabang olahraga yang digeluti. Jadi kalau ada proses degradasi atlet, itu memang harus berjalan sehingga kita benar-benar mendapatkan atlet berprestasi melalui lembaga pendidikan dan pembinaan olahraga di PPLP/PPLPD,” tegasnya lagi.

2 years ago  Promosi dan Degradasi Atlet PPLP NTB