Pelatda PON NTB Berlanjut

by Administrator in KEOLAHRAGAAN

img17

MATARAM - Masa depan Pelatda PON akhirnya diputuskan. Pengprov Cabor dan KONI NTB sepakat pelatda dilanjutkan kembali. Keputusan ini dicapai pada pertemuan yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB bersama KONI NTB pada, Rabu 27 Januari 2021 lalu.

”Sudah disepakati semua Pengprov Cabor yang hadir. Ini bukan keinginan Dispora NTB, tetapi kesepakatan bersama. Kami hanya memediasi pertemuan ini,” kata Plt. Kadispora NTB, Drs. H. Surya Bahari.

Pada pertemuan tersebut disepakati pelatda akan dilaksanakan dengan sistim Desentralisasi. Skemanya, atlet PON akan ditangani Pengprov Cabor masing-masing. ”Jadi nanti bantuan dana langsung ke cabor masing-masing. Jumlahnya sudah ditetapkan,” jelasnya lagi.

Dalam rapat tersebut, anggaran Rp. 3 miliar akan digunakan untuk operasional Sekretariat KONI NTB sebesar Rp. 500 juta dan kebutuhan pelatda sebesar Rp. 2,5 miliar. Anggaran Rp 2,5 miliar tersebut akan digunakan untuk memenuhi empat item. Yakni honor pelatih, honor asisten pelatih, uang saku atlet, dan bantuan konsumsi. ”Pembagian per cabor proporsional. Tergantung jumlah atlet dari cabor masing-masing.”

Pelatda desentralisasi akan berlangsung selama enam bulan. Terhitung mulai Januari hingga Juni mendatang. Sedangkan untuk Juli hingga Oktober akan kembali diusulkan anggaran tambahan pada APBDP. ”Kami minta semua pihak memahami keadaan yang ada sekarang. Tidak bisa memaksakan kehendak,” terangnya.

Begitupun dengan Ketua KONI NTB, Andy Hadianto, M.Si mengatakan, apa yang menjadi keputusan dalam pertemuan tersebut harus dijalankan sebaik-baiknya. KONI akan melaksanakan apa yang sudah diputuskan. ”Mari kita jalankan apa yang sudah diputuskan ini dengan penuh tanggung jawab.”

Dalam rapat yang dilaksanakan oleh Dispora NTB bersama KONI NTB pada Januari kemarin, telah disepakati bahwa Pelatda dilanjutkan dengan sistim Desestralisasi. Anggaran Pelatda tersebut, akan diberikan melalui KONI NTB kepada Pengprov Cabor Pelatda PON secara proposional, sesuai dengan jumlah atlet dan pelatih. Keputusan sudah disepakati bersama dengan menandatangani berita acara.

1 month ago  Pelatda PON NTB Berlanjut Dengan Sistim Desentralisasi