Kadispora NTB Resmi Tutup Kegiatan Penguatan Kewirausahaan Bagi Pemuda

by Administrator in KEPEMUDAAN

img17

Mataram - Kegiatan penguatan kewirausahaan bagi pemuda,  dalam rangka menjawab tantangan digital dan peluang kewirausahaan diera minelial.  Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari pada tanggal 10 s.d 14 Maret 2020, yang diikuti oleh 50 orang   pemuda dan pemudi  berusia 18 hingga 30 tahun,  utusan dari Kabupaten/Kota Se Nusa Tenggara Barat, resmi ditutup oleh Kadispora NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” pada Sabtu siang (14/03/2020).

Dalam sambutan dan arahan Kadispora NTB  “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” mengatakan, hasil kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini, akan dilakukan evaluasi kembali, setelah 3 hingga 6 bulan yang akan datang.

“Kami akan datang lagi ketempat usaha mereka, tanpa pemberitahun lebih dahulu, untuk melihat perkembangan usaha mereka pasca mengikuti pelatihan. Sudah berhentikah usaha mereka atau malah semakin mantap,” jelasnya.

Selain itu juga, kami akan bersurat kepada Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi, dengan harapan agar para pemuda yang telah mengikuti kegiatan penguatan kewirausahaan ini dapat  dibimbing dan dibina, termasuk  memberikan izin  usaha  bagi mereka.

Selanjutnya, dari  hasil evaluasi kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 200 pemuda sebelum pelatihan angkatan pertama tahun 2020 ini digelar,  hasilnya  65 porsen masih berjalan usahanya.

“Adapun yang mengalami kegagalan,  karena akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi pada tahun 2018 lalu dan sebagin lagi, akibat pengelolaan sistem manajemen yang kurng baik.  Inilah cacatan buat kami, sehingga dalam kunjungan kelapangan dimaksudkan untuk memperbaiki materi-mteri pelatihan yang akan datang,” ucapnya.

Sebagaimana apa yang menjadi  harapan dari  Wakil Gubernur NTB  “Dr. Ir. Hajjah Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd” Kadispora NTB “Ir. Hajjah Husnanidiaty Nurdin, MM” berpesan, kalau usahanya jatuh 10 kali, diusahakan bangunya bila perlu 100 kali, tutupnya.

Dalam laporannya, Kabid Kepemudaan Dispora NTB “Drs. Harun Al Rasid” mengatakan, sebagian besar dari peserta rata-rata para peserta baru mengawali usahanya, artinya belum mapan betul dalam mengelola usaha.

“Sehingga dalam kegiatan ini, mereka  dibina dalam pelatihan ini, agar  bisa bertahan diera persaingan usaha. Jangan patah semangat baru sekali gagal, langsung berhenti usaha,” kata Harun Al Rasid.

Didalam kegiatan ini, para peserta juga berkesempatan  mengunjungi  tiga tempat usaha, untuk melihat langsung bagaimana proses usaha,  yakni di Sekolah Pertanian, Industri Gerabah dan ditempat prosesing sampah menjadi barang berharga.

Dalam kegiataan tersebut terungkap banyak diantara para peserta merasa keterbatasan dana, pemasaran hingga  pengemasan  packing yang kurang bagus serta cara memanfaatkan akses penjualan melalui online.   

“Inilah dipaparkan oleh para pemateri sesuai kebutuhan mereka, dengan harapan agar para peserta bisa membuat usahanya semakin baik kedepannya.”

Dispora NTB, rencananya melanjutkan kegiatan pelatihan angkatan  kedua, yang rencananya digelar pada bulan  Juni 2020 mendatang.

2 weeks ago  Kewirausahaan Pemuda