Kadispora NTB Membuka Kegiatan Pendewasaan Usia Perkawinan Tahun 2019

by Administrator in KEPEMUDAAN

img17

Mataram - Kadispora NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), yang berlokasi di Bumi Perkemahan Pesanggrahan Timba Nuh, Kecamatan Pringgesela, Kabupaten Lombok Timur, Rabu (24/04/2019).

Komitmen Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat  untuk mendukung Pelatihan Pendewasaan Usia Perkawinan terus di dengungkan. Berbagai terobosan serta inovasi terus dilakukan, salah satunya pelatihan pendewasaan usia perkawinan sebagai upaya struktural dan edukasi menuju pendewasaan usia perkawinan dan peningkatan kualitas tumbuh kembang anak. 

Program tersebut digagas Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, guna mendorong peningkatan usia perkawinan untuk menekan angka pernikahan dini dan menekan angka kematian ibu dan bayi.

“Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” menyampaikan, Pelatihan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) anak di NTB menjadi fokus utama tugas tim panitia agar menghasilkan generasi penerus yang berkualitas. jika sebelumnya usia ideal menikah bagi perempuan adalah 16 tahun dan laki - laki 18 tahun.

“Kini usia ideal perkawinan ditingkatkan menjadi 21 tahun usia ideal menikah bagi perempuan dan 25 tahun usia ideal menikah untuk laki- laki.” Ketentuan itu sesuai dengan undang - undang yang sudah direvisi Mahkamah Konstitusi (MK), tuturnya.

Pelatihan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia minimal pada saat perkawinan. PUP bukan sekedar menunda sampai usia tertentu saja tetapi mengusahakan agar kehamilan pertamapun terjadi pada usia yang cukup dewasa.

Selanjutnya, tujuan program Pelatihan Pendewasaan Usia Perkawinan adalah memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja putra dan putri agar didalam merencanakan keluarga, mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, ekonomi serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran, jelasnya lagi.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Kepemudaan Dispora NTB “Drs. Harun Alrasyid” menyampaikan, kegiatan pelaksanaan Pelatihan Pendewasaan Usia Perkawinan dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 April 2019 di Bumi Perkemahan Pesanggrahan Timba Nuh, Kecamatan Pringgesela, Kabupaten Lombok Timur.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah sebanyak 300 orang siswa/siswi terdiri dari SD/MI, SMP/MTs, 8 orang pendamping, serta 4 orang panitia yang berasal dari Literasi. Materi yang akan disampaikan dalam pelatihan adalah Kebijakan Kadispora NTB, Kebijakan Pemda Kabupaten tentang PUP, Pendewasaan Usia Perkawinan, dan pendidikan karakter, katanya.

Adapun hasil yang kami harapkan dalam program pelatihan ini adalah dapat memberikan pengetahuan kepada peserta tentang bahaya pernikahan dini, peserta mampu memahami mengenai dampak kesehatan bagi remaja yang melaksanakan pernikahan dini, dan memiliki pengetahuan tentang kerangka pendewasaan usia perkawinan, yaitu masa menunda perkawinan dan kehamilan masa menjarangkan kehamilan, dan masa mencegah kehamilan, tutupnya.

Hadir juga dalam acara tersebut, Sekretaris Dispora NTB “Dra. Bq. Honey Suprihatin” beserta Pejabat Eselon III dan IV lainnya, Sekretaris Dispora Kabupaten Lotim “Hartadi”, Babinsa Pringgasela “Abd. Manan”, Sekdes Pringgesela “Ahmad Taufik”, dan tamu undangan lainnya.

3 months ago  Pendewasaan Usia Perkawinan