JUM'AT SALAM PUTARAN KE - 11 DISPORA NTB MENGUNJUNGI DESA BINAAN DESA LANDAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH

by ADMIN DISPORA NTB in BERITA

img17

Jum'at, 26 Januari 2024. Dinas Pemuda dan Olahraga NTB hadir di Desa Landah, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah dalam Jumat Salam Putaran ke-11, giat ini dihadiri langsung oleh Kades dan seluruh perangkat desa Landah beserta tim dari Dispora NTB, di antaranya ;
Sekretaris Dinas, Kabid Pemuda, Kabid Sarpras dan tim PPID.

Kepala Desa Landah menyambut baik  kehadiran tim dari Dinas Pemuda dan Olahraga NTB. Mengawali acara yang diwakili oleh Sekdes Landah, Sekdispora NTB, Dra. Hj. Asnirawati, M.Si dalam pengantarnya menyapaikan "Pj. Gubernur membuat satu Program yakni, JUMAT SALAM (Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat). Jumat Salam ini diharapkan dapat memberikan input positif kepada Pemerintah Provinsi sehingga berbagai masalah di desa dapat diselesaikan. Momen ini juga dapat menjadi tempat yang efektif untuk menyerap berbagai aspirasi dan keinginan masyarakat kepada Pemerintah Daerah" sekaligus Kabid Pemuda mensosialisakan program-program pemuda, seperti ; Pemuda Pelopor, Pekan Kreativesia Pemuda Indonesia, Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif, Pertukarang Pemuda Antar Negara, maupun Pertukaran Pemuda Antar Provinsi. Kabid Sarpras juga mensosialisasikan tentang sarana & P
prasarana pemuda maupun olahraga dan dilanjutkan dengan penyampaian aspirasi oleh masyarakat, di antaranya ; 

M. Jarkasi, Kepala Dusun Landah. Fokus berbicara tentang masalah pertanian dan pola tanam karena air yang tidak tersedia. Harapannya adalah adanya penataan irigasi sekunder yang berasal dari Jurang Sate.
Di sisi lain dibahas juga, adanya kelangkaan pupuk dan mengharapkan adanya campur tangan dari pemerintah tentang distribusi pupuk yang merata. Hal ini juga di ungkapkan oleh Gozali selaku tokoh masyarakat. SDM di desa Landah mempunyai potensi yang tinggi dan daerah ini merupakan penghasil tembakau. Mengharapkan adanya tambahan atau subsidi alat teknologi dibidang pertanian, khususnya pengelolaan tembakau, baik mesin pencacah maupun mesin oven tembakau. Penajaman persoalan kelangkaan pupuk dan pembagian irigasi juga dilontarkan oleh Zainudin selaku Sekdes Landah, pengadaan sumur bor yang dirasakan saat ini masih kurang dalam hal ketercukupan air di desa Landah, lebih lanjut dikatakan Zainudin, kondisi jalan yang merupakan satu-satunya jalan alternatif untuk mengangkut hasil pertanian masyarakat desa Landah, sehingga masyarakat ingin memperbaiki jalan tersebut, namun mengingat itu adalah ranah Provinsi jadi masyarakat mengurungkan niat untuk memperbaiki jalan tersebut, takutnya nanti diminta untuk dikembalikan seperti semula. 

Menutup giat Jumat Salam, Kepala Desa yang diwakili oleh Sekdes mengapresiasi pertemuan dan mohon segara ditindaklanjuti seluruh aspirasi yang telah disampaikan masyarakat dan yang terutama adalah  perbaikan jalan utama yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi.

4 months ago