JUMAT SALAM - KELURAHAN SARAE MERUPAKAN PINTU UTAMA MEMASUKI KAWASAN KOTA BIMA YANG MEMILIKI POTENSI UMKMNYA

by ADMIN DISPORA NTB in BERITA

img17

Sabtu, 2 Desember 2023. Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB mengunjungi Kelurahan Binaan Program Jumat Salam, Kelurahan Sarae, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima.

 

Kelurahan Sarae merupakan salah satu kelurahan tertua yang berada pada wilayah administrasi Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima yang memiliki luas wilayah 63 Ha dengan jumlah penduduk sebanyak 5.796 orang. Masyarakat Kelurahan Sarae sebagian besar berprofesi sebagai pengusaha kecil dan menengah.

 

Agenda Jumat Salam yang merupakan prorgram Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan bertempat di Kantor Lurah Sarae yang dihadiri oleh Sekretaris DLHK Kota Bima, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dikpora Kota Bima, Lurah Sarae bersama staf, Dosen dan Mahasiswa STIE Kota Bima serta masyarakat setempat.

 

Lurah Sarae menyambut antusias agenda Jumat Salam yang juga bertujuan sebagai agenda silaturahmi. Pada kesempatan tersebut, Lurah Sarae mengucapkan selamat datang kepada rombongan Dispora NTB yang hadir, mengakui bahwa kehadiran ini merupakan langkah positif untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

 

Dengan adanya Jumat Salam ini Kadispora NTB juga akan berupaya menjembatani Kelurahan Sarae untuk mendapatkan atensi prioritas Pj Walikota Bima terhadap persoalan yang ada.

 

Kelurahan Sarae menjadi salah satu pintu utama memasuki kawasan Kota Bima. Tentu masalah kebersihan dan penanganan sampah harus menjadi prioritas. Selain itu Kelurahan Sarae memiliki potensi untuk UMKMnya dimana dengan adanya pelatihan yang konstruktif dan berkesinambungan yang dilakukan terutama untuk pemuda akan menjadi sebuah solusi untuk mengembangkan potensi yang ada.

 

Dengan banyaknya masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah memilki ide untuk mengembalikan mbojo ma ntoi dengan jajanan atau makanan khas bima sehingga branding dari kelurahan sarae yaitu kelurahan jasa dan perdagangan akan terwujud.

 

Selain itu, permasalahan lingkungan seperti drainase yang perlu menjadi perhatian. Dimana sampah dan sedimen sungai menyebabkan Kelurahan Sarae menjadi kawasan rawan banjir. Disarankan agar pemuda dilibatkan dalam upaya membenahi drainase, sementara inisiatif pengelolaan bank sampah diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan sampah dan dapat menjadi salah satu kegiatan yang melibatkan pemuda yang menghasilkan.

 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB menekankan pentingnya pemberdayaan pemuda, terutama terkait pengelolaan bank sampah. Pemilahan sampah di tingkat rumah dan sosialisasi terkait pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat menjadi langkah penting.

 

Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik, diharapkan Kelurahan Sarae dapat menjadi pusat perdagangan yang lebih baik, mengatasi persoalan sampah, dan memberdayakan pemuda untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

3 months ago