Dispora NTB Komit Terapkan Sistem Promosi Dan Degradasi Atlet, Pelatih, Dan Cabor PPLP/PPLPD

by ADMIN DISPORA NTB in KEOLAHRAGAAN

img17

Mataram Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, Drs. H. Surya Bahari konsisten menerapkan system promosi dan degradasi atau pergantian atlet di Sentra keolahragaan PPLP/PPLPD NTB setiap tahun, sehingga target mendapatkan atlet berprestasi diusia emas bisa terjawab. Hal tersebut dikatakan saat pelepasan atlet PPLP/PPLPD NTB yang di degradasi atau yang digantikan pada Selasa, (22/06/2021) di Asrama PPLP NTB.

Penerapan sistem promosi dan degradasi atau pergantian atlet pelajar yang menjalani pembinaan dan latihan olahraga khusus di Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP)/PPLPD NTB dari tahun ketahun untuk menyiapkan atlet berprestasi melalui tangan dingin seorang pelatih berprestasi.

Ada tiga alasan seorang atlet PPLP/PPLPD NTB dipromosi dan degradasi ke level lebih tinggi yaitu masuk PPLM (Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Mahasiswa)  dan apabila mereka tidak berprestasi secara berjenjang dan tidak disiplin baik ditempat latihan, sekolah, maupun mentaati semua aturan di Asrama PPLP/PPLPD NTB, maka wajib digantikan dengan atlet baru, kata Kadispora NTB.

Sistem yang sama juga diterapkan kepada Pelatih dan Cabang Olahraga tidak berprestasi.

“Di PPLP/PPLPD itu memang kita terapkan system promosi degradasi, baik itu cabang olahraga, pelatih, maupun atlet. Karena saya sudah tekankan bahwa, PPLP/PPLPD itu bukan tempat asuhan. PPLP/PPLPD itu pusat pendidikan dan pembinaan atlet-atlet berprestasi, dalam hal ini pendidikan maupun cabang olahraga yang digeluti. Jadi kalau ada proses degradasi atlet, itu memang harus berjalan sehingga kita benar-benar mendapatkan atlet berprestasi melalui lembaga pendidikan dan pembinaan olahraga di PPLP/PPLPD,” terangnya.

Degradasi yang kami lakukan kali ini bukan karena atlet tidak menunjukan prestasinya, namun karena situasi pandemi Covid - 19 sehingga berbagai event olahraga ditunda, dan usia atlit PPLP/PPLPD telah melewati batas yang sudah di tetapkan, tegasnya lagi.

Sebagai pengganti atlet yang di degradasi Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. NTB akan melakukan penjaringan dan promosi atlet sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku, terangnya.

Selanjutnya Kadispora NTB beserta jajaran mengucapakan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh atlet PPLP/PPLPD NTB yang selama ini telah memberikan prestasi terbaik untuk NTB.

2 years ago  Promosi Dan Degradasi Atlet Dan Pelatih PPLP