Bukit Cacing Gunungsari Akan Dijadikan Track Resmi Sepeda Gunung

by Administrator in BERITA

img17

Lombok Barat – Bupati Lombok Barat “H. Fauzan Khalid, S.Ag., MM” bersama rombongan melakukan survei lokasi yang rencananya Bukit Cacing di Desa Taman Sari Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat akan dijadikan sebagai track resmi sepeda gunung atau Mountain Bike. Ini adalah kabar gembira bagi para pecinta olahraga sepeda.

Lintasannya sangat bagus dan mempunyai daya tarik sendiri dan panjangnya kurang lebih sekitar 4 kilometer. Sebelum diresmikan menjadi jalur resmi sepeda gunung atau Mountain Bike, Pemkab Lobar akan membebaskan lahan di sepanjang jalan menuju Bukit Cacing. Mudah-mudahan tahun 2021 kita bias resmikan, kita akan lakukan penataan dulu, terang Bupati saat melakukan kunjungan di Desa Taman sari.

Pemkab juga akan melakukan penataan di puncak Bukit Cacing. Dimana di kawasan puncak luasnya sekitar 10 are, juga bisa dijadikan tempat singgah yang bisa dijadikan potensi menggerakkan ekonomi bagi masyarakat sekitar. ”Nanti untuk pengelolaan akan diserahkan kepada pemerintah kecamatan dan desa,” jelasnya.

Selanjutnya kalau track atau lintasan ini sudah diresmikan, diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Dimana di sepanjang jalur hingga di puncak bisa menjadi peluang usaha bagi para pedagang kaki lima. Sebab dari perhitungan yang sudah dilakukan, pada akhir pekan ada sampai sekitar 500 pesepeda yang naik. Tingginya peminat ini tentunya bisa menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat. Tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Taman Sari “Ikhsan” mengatakan, Pemerintah Desa Taman Sari sudah memiliki perencanaan untuk pengembangan wisata sepeda Bukit Cacing sebagai track sepeda gunung tingkat nasional. ”Bukit cacing akan dijadikan track sepeda tingkat nasional mengingat bukit cacing sudah terkenal sampai pusat,” terangnya.

Untuk kedepannya rencana desa akan bebaskan jalan yang dilalui oleh komunitas sepeda gunung. Tujuannya agar jalan menuju kawasan bukit cacing lebih baik lagi, sehingga semakin layak dijual ke tingkat nasional.Top of Form

2 weeks ago  Bukit Cacing Gunungsari Jadi Track Sepeda Gunung