Kamis, 22 Februari 2018 - 20:38:03 WIB
Sukses Gelar Rakor Kepemudaan dan Keolahragaan 2018
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 146 kali

Mataram – Dispora Provinsi NTB gelar Rakor Pembangunan Keolahragaan dan Kepemudaan. Acara dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenpora RI “Dr. Samsudin, M.Pd dan dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM”, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram “Dr. Muhammad Ali, Pejabat dari  Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten/kota se-NTB serta Tokoh Olahraga dan Pemuda. Acara berlangsung di Hotel Lombok Plaza Mataram. (Kamis, 22/02/2018).

Dalam pembukaan Rakor ini, Dr. Samsudin, M.Pd menyampaikan bahwa, Rakor ini sebagai salah satu upaya sinkronisasi perencanaan Dispora di kabupaten/kota, provinsi dan pusat, sehingga menjadi lebih terintegrasi dalam format yang disesuaikan dengan kebutuhan dan mengharapkan output  rakor ini dapat memudahkan seluruh jajaran Dispora dalam mencapai tujuan dengan cara menyusun program dan kegiatan secara terpadu, terarah, dan terukur.

Selain itu, guna meningkatkan pemerataan membangun prestasi olahraga di daerah, pihak kementerian pemuda dan olahraga (kemenpora) menawarkan bantuan anggaran untuk pembangunan sarana olahraga kepada setiap daerah. Nilai yang akan diberikan minimal 15 miliar untuk membangun satu gedung olahraga. Yakni 12 miliar untuk membangun fisik GOR dan 3 miliar untuk peralatan latihan atlet.

“Saya menawarkan semua daerah, kalau mau membangun sarana olahraga akan dibantu dengan Dana Alokasi Khsus (DAK). Ini merupakan program kami (Kemenpora) mulai tahun 2019.” Permohonan bantuan anggaran harus berdasarkan proposal, karena merupakan suatu keseriusan terhadap suatu daerah.

Penyusunan program/kegiatan pemberdayaan pemuda harus dilaksanakan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat serta sinkronisasi dengan stakeholder yang juga melakukan pembangunan dibidang kepemudaan dan keolahragaan untuk meningkatkan potensi dan kwalitas kepemudaan dan keolahragaan. Demikian disampaikan dalam laporan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM”.

Selanjutnya dalam forum ini, selain akan diskusi tentang penyusunan program/kegiatan pembangunan kepemudaan dan keolahragaan, Dispora Provinsi NTB akan melakukan penandatanganan kerjasama Kepesertaan JKN-KIS dengan BPJS Kesehatan Cabang Mataram dan penyerahan Buku NTB Gemilang.

Adapun hasil akhir yang disepakati oleh seluruh peserta Rakor ini adalah :

  1. Menyelaraskan calendar event Provinsi dengan Kabupaten/Kota;
  2. Menyusun isu strategis bidang keolahragaan dan kepemudaan sebagai masukan dalam penyusunan RPJMD 2018-2023;
  3. Mempercepat pembentukan kepengurusan cabang olahraga kabupaten/Kota se NTB;
  4. IntervensiProvinsi dalam pemeliharaan/pembangunan sarana prasarana olahraga dan kepemudaan di Kabupaten/Kota se NTB;
  5. Melakukan ferivikasi terhadap kegiatan aspirasi Provinsi bersama Kabupaten/Kota se NTB;
  6. Sehubungan dengan rencana Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pemuda dan olahraga, diharapkan Kabupaten/Kota se NTB untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen pengajuan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

 

 



0 Komentar :