Minggu, 18 November 2018 - 20:04:07 WIB
Pelatih Harry Mara Berbagi Ilmu pada Pelatih Atletik NTB
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Keolahragaan - Dibaca: 27 kali

Mataram – Pelatih Atletik terbaik dunia “Harry Mara” asal Amerika memberikan pelatihan kepada 30 pelatih atletik NTB dari 10 kabupaten/kota Se NTB termasuk pelatih PPLP NTB dan Platda Mayung melalui Coaching Clinic dengan tema “Sprint dan Hurdles” di GOR 17 Desember Turida - Mataram, Minggu (18/11/2018).

Pelatih Atletik Nusa Tenggara Barat memiliki kesempatan emas untuk menyerap ilmu yang dimiliki oleh pelatih atletik asal Amerika tersebut melalui coaching clinic yang akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 18 sampai dengan 19 November 2018.

Kegiatan tersebut terlaksana dengan adanya kerjasama antara Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) dengan Dispora Provinsi NTB dan KONI NTB. melalui Coaching Clinic dengan tema “Sprint dan Hurdles”, para pelatih diajarkan tehnik atau metode dasar cara berlari yang baik dan benar sehingga tidak menyebabkan atlet cedera.

Harry Mara mengatakan, Banyak pelatih yang tidak mengetahui metode yang benar “itulah yang menyebabkan atlet rentan cedera”. Pelatih di NTB memiliki cara melatih sendiri, tapi metode dasar secara detail mereka tidak mengetahuinya, seperti cara melangkahkan kaki hingga tumpuannya serta cara mengayunkan tangan banyak yang salah.

Tugas saya disini untuk memperbaiki dan memberikan pengetahuan bagaimana cara atau metode mengasah teknik yang benar, maka dari itu atlet yang ada di NTB langsung dijadikan sebagai praktek agar platih bisa menguasai teknik latihan dasar berlari yang baik, kami yakin bakal banyak atlet potensial yang akan muncul dari NTB asalkan para pelatih bisa menerapkan apa yang diajarkannya.

Selanjutnya saat praktek berlangsung, saya melihat ada beberapa atlet yang berpotensi untuk dikembangkan terutama saat melakukan lompat jauh dan mereka harus terus dibina dengan baik, saya yakin bisa menjadi penerus Sapwaturrahman, katanya.

Sementara itu, Sekretaris PB PASI “Tigor Tanjung” mengatakan, pelaksanaan Coaching Clinic hanya diselenggarakan satu tahun sekali, ditahun 2018 ini kami memilih NTB karena prestasi para atlet atletik NTB pada level nasional cukup mentereng. Atlet atletik di NTB terbentuk karena bakat alam, dan itu merupakan modal awal untuk mengembangkan olahraga atletik.

Kami berharap melalui pelatihan ini para pelatih bisa mengembangkan potensi atletnya, sehingga muncul bibit atlet atau generasi baru yang akan mengharumkan nama Indonesia dan daerah dikancah Internasional, katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi NTB “Ir. H. Rosiady H Sayuti, M.Sc., PhD” yang hadir pada saat kegiatan tersebut menyampaikan, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengembangkan pengetahuan dan olahraga atletik di NTB dan ini merupakan kesempatan emas bagi para pelatih atletik di NTB.

Cabang Olahraga Atletik adalah Cabor unggulan NTB di setiap kejuaraan baik di tingkat nasional ataupun internasional. Kembangkan dan merupakan modal awal untuk kemajuan olahraga di NTB, apalagi di PON Papua 2020 nanti NTB menargetkan 17 mendali  emas dan yang terbanyak ada di cabor atletik, tegasnya.



0 Komentar :