Jumat, 02 November 2018 - 15:08:24 WIB
Sekda NTB Resmi Membuka Kirab Pemuda Nusantara Tahun 2018
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Kepemudaan - Dibaca: 42 kali

Mataram – Gubernur Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Sekda Provinsi NTB “ Ir. Rosiady H Sayuti, M.Sc., PhD” membuka Kirab Pemuda Nusantara Tahun 2018 yang berlangsung di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (01/11/2018).

“Ir. Rosiady H Sayuti, M.Sc., PhD” menerima dan menyambut kedatangan Kirab Pemuda Nusantara Tahun 2018 bersama Sekda Kabupaten Lombok Barat “Ir. H. Moh. Taufik”, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM”, Asdep Bidang Kreativitas Pemuda “Junaidi, M.Si”, beserta pejabat eselon II, III, dan IV dari Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. 

“Ir. Rosiady H Sayuti, M.Sc., PhD” menyampaikan sambutannya pada Pembukaan sekaligus Pengukuhan Kirab Pemuda Nusantara Tahun 2018, keberadaan Program Kirab Pemuda menjadi penting dan strategis supaya pemuda memiliki pemahaman yang baik dalam menerima perbedaan sebagai salah satu bentuk kekuatan bangsa. "Semangat nasionalisme perlu diperkuat kembali sehingga melalui program ini dapat menyatukan peningkatan pemahaman terhadapa rasa nasionalisme bangsa,".

Masyarakat Indonesia hidup dalam keberagaman di tengah perkembangan zaman dan teknologi, yang tidak pernah berubah adalah Kebhinekaan karena masyarakat Indonesia hidup di tengah keragaman suku, ras, agama dan adat istiadat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan mempersatukan pemuda dalam ragam ras, etnis, dan suku.

Kami berharap juga Kirab Pemuda ini dapat menjadi promosi wisata lokal untuk mendorong potensi daerah dan pemuda dapat menjadi ikon yang kreatif untuk dapat menginspirasi masyarakat Indonesia khususnya untuk daerah yang dikunjungi. Pemuda menjadi ujung tombak pemerintah karena mereka adalah aset bagi estafet kepemimpinan di masa yang akan datang, jelasnya.

Selanjutnya, kami menyampaikan pesan Bapak Gubernur NTB kepada semua peserta Kirab Pemuda Nusantara 2018 agar mengabarkan melalui akun media social facebook, IG, tuitter, dan sebagainya kepada keluarga, teman, krabat dan keseluruh penjuru dunia bahwa NTB khususnya Lombok sudah aman untuk dikunjungi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Lombok Barat Barat “Ir. H. Moh. Taufik” menyampaikan ucapan selamat datang serta ucapan terima kasih kepada peserta kirab dan seluruh tamu undangan, sekali lagi kami berterima kasih atas dipilihnya Kabupaten Lombok Barat sebagai salah satu titik singgah kirab pemuda tahun ini.

Kami berharap momentum ini menjadi ajang kebangkitan Lombok pasca terjadinya bencana gempa bumi, semangat tidak boleh hilang dan harus kita buktikan bahwa Lombok sudah aman untuk dikunjungi, katanya.

Sementara itu Menpora RI yang diwakili oleh Asdep Bidang Kreativitas Pemuda “Junaidi, M.Si” memberikan apresaiasi kepada Pemprov. NTN dan Pemkab. Lombok Barat yang telah mempersiapkan kirab ini dengan penuh antusias. Kirab ini dilaksanakan sudah dua tahun, pesertanya diseleksi secara online dan yang mendaftar lebih dari 11 ribu peserta dan yang dipilih dalam satu provinsi hanya 2 orang untuk mengikuti kirab ini.

Kirab Pemuda digelar di 100 Kabupaten/Kota di Indonesia, salah satunya ada di NTB. selain deklarasi ada juga kegiatan yang lain seperti bhakti sosial, seminar dan lain-lain. Dalam acara tersebut dilakukan juga penyerahan pataka dari pejabat kementerian ke Sekda Provinsi NTB serta dilakukan penandatanganan prasasti pemuda, ujarnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” menyampaikan bahwa Kirab Pemuda Nusantaran ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan kepemudaaan, melalui perjalanan pemuda dengan melintasi antar pulau di Indonesia.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kirab ini adalah untuk meningkatkan persatuan, kesatuan dan patriotisme pemuda selaras dengan makna Bhineka Tunggal Ika, mempromosikan kreatifitas pemuda, mengembangkan potensi wirausaha muda, mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda, dan mengkondisikan langkah inovatif untuk meningkatkan perlindungan terhadap pemuda.

Peserta kirab pemuda berjumlah 100 orang diseluh Indonesia yang terbagi menjadi 2 zona, masing-masing zona sebanyak 50 orang. Zona 1 berangkat melalui aceh berkeliling ke 17 provinsi dan berkumpul di Jakarta, sedangkan zona 2 berangkat melalui papua dan berakhir di Jakarta.

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal, 31 sampai dengan 4 november 2018, Semua peserta Kirab Pemuda akan mengunjungi sejumlah tempat di Kabupaten Lombok Barat dan melakukan kegiatan inti Kirab Pemuda seperti Pawai Budaya, Bakti Sosial, Pemuda Membaca Kitab Suci, Festival Film dan Musik Pemuda yang melibatkan masyarakat lokal dan komunitas lokal pemuda setempat, katanya.



0 Komentar :