Senin, 01 Oktober 2018 - 15:21:21 WIB
Pembekalan Peserta Jambore Pemuda Indonesia Tingkat Provinsi Tahun 2018
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Kepemudaan - Dibaca: 22 kali

Mataram – Kadispora Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” membuka pembekalan bagi 17 peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI ) Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 4 Oktober 2018 di Gedung Balai Latihan Koprasi NTB, Senin (01/10/2018).

Dalam laporannya, Kabid Kepemudaan  Dispora Provinsi NTB “Drs. Harun Alrasyid” menyampaikan, jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) ini ada 17 peserta yang terbagi dari 7 peserta laki-laki dan 7 peserta perempuan dari masing-masing Kabupaten/Kota Se NTB.

Kota Mataram diwakili oleh 1 peserta, Kabupaten Lombok Barat 1 peserta, Kabupaten Lombok Utara 1 peserta, Kabupaten Lombok Tengah 1 Peserta, Kabupaten Lombok Timur 2 peserta, Kabupaten Sumbawa Barat 2 Peserta, Kabupaten Sumbawa 2 peserta, Kabupaten Dompu 1 peserta, Kabupaten Bima 1 peserta dan Kota Bima 2 peserta.

Pelatihan ini merupakan pembekalan bagi adik-adik yang akan mengikuti kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) di Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 5 sampai 11 Oktober 2018.

Mereka yang lolos ini, adalah mereka yang punya kemampuan dan kapasitas serta kriteria yang telah ditentukan. Sehingga dalam perlombaan JPI tingkat Nasional nanti mereka tidak mengecewakan, apalagi dalam Jambore Pemuda Indonesia (JPI), peserta butuh persiapan khusus, stamina, dan keseriusan.

Adapun materi pelatihan yang akan diberikan dalam pembekalan antara lain, Dinamika kelompok, Wawasan Kebangsaan, Politik, Pertahanan dan Keamanan, Workshop Pemuda, Peningkatan Imtaq, Pengenalan Program Kepemudaan, Managemen Konflik dan pemecahan masalah, Kerajinan, Senam, Kesenian daerah, Baca Puisi, Peningkatan Wawasan Wirausaha, Make Up dan Tata Busana, Penulisan Proposal dan Laporan, serta Bimbingan teknis penggunaan media sosial.

Selanjutnya, “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” mengucapkan selamat atas terpilihnya 17 pemuda/i terbaik hasil dari beberapa rangkaian seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Tentunya sebagai perwakilan Nusa Tenggara Barat yang perlu di jaga adalah membawa nama baik daerah. Disamping itu, bergaullah dengan siapa saja selama berada di sana. Karena pada prinsipnya kegiatan JPI bertujuan menyatukan seluruh pemuda Tanah Air dari perwakilan daerah masing-masing.

kami berharap peserta bisa membuka wawasan, baik itu budaya, kreatifitas, dan seni. Di samping itu juga dapat membentuk kepribadian peserta menjadi pemuda yang santun dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Kita berharap, dengan terselenggaranya Jambore Pemuda Indonesia dan Bakti Pemuda Antar Provinsi ini akan mempererat jalinan rasa nasionalisme antar generasi muda dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya pada saat membuka acara Pembekalan Peserta Jambore Pemuda Indonesia Tingkat Provinsi Tahun 2018.



0 Komentar :