Jumat, 03 Agustus 2018 - 10:42:11 WIB
Rapat Persiapan Kirab Pemuda 2108
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Kepemudaan - Dibaca: 75 kali

Mataram - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB menggelar rapat persiapan pelaksanaan Kirab Pemuda tahun 2018, Jum’at (3/8/2018). Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM”, hadir juga Kabid Kepemudaan Dispora NTB “Drs. Harun Alrasyid”, Kasi Pengembangan Pemuda “Mauziatul Chair, S.IP”, Kasi Pemberdayaan Pemuda “Nuraini, S.Sos”, Kasi Kepramukaan dan Kepemimpinan Pemuda “Muhajidin, MM”, Pejabat Kemenpora RI “Dr. Igusti Ngurah Bagus Sucitra, Ahyani, S.Pd, dan Eko Mariadi”, Perwakilan Kadispora Kabupaten Lombok Barat “H.M. Chairul dan Abd Wahab”, Perwakilan Kadispora Lombok Tengah “H. Syamsuddin”, Pejabat dari dinas yang terkait, Tokoh Masyarakat, dan Alumni.

Kirab pemuda merupakan perekat bangsa Indonesia, dimana dalam pelaksanaan yang digelar nantinya menggambarkan kemajemukan bangsa Indonesia. Dikatakan demikian lantaran terdiri dari berbagai suku, agama, aliran kepercayaan yang hidup di masyarakat.

Hadirnya pelaksanaan Kirab Pemuda dilatarbelakangi kecenderungan munculnya ketegangan dimasyarakat, seperti terjadinya konflik antar etnis dan tauran antar kampung. Disamping itu, meningkatkatnya rasa saling curiga, antara lain seperti muncul konflik antar pendukung parpol atau pemimpin. Sehingga terkesan sulit meraih kebaikan dan kebahagiaan hidup bersama yang tidak ada titik temu.

Harapan kami pemuda Indonesia tidak bisa diam saja, sejarah membuktikan bahwa peran pemuda dalam mendirikan negara amatlah penting tanpa peran pemuda, Proklamasi mustahil dapat dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Oleh karenanya, kebutuhan saat ini adalah peran pemuda sebagai pemersatu bangsa dengan Kirab pemuda Nusantara tentu berperan sebagai napak tilas kebhinekaan Indonesia serta penguatan Jati diri pemuda dan peningkatan kreatifitas serta kafasitasnya, tegas Kadispora Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” saat memberikan sambutan dalam rapat tersebut.

Selanjutnya, pelaksanaan Kirab Pemuda di NTB benar-benar berperan aktif dalam menyukseskannya. Untuk mencapi itu diperlukan kerjasama yang baik, saling berkonsultasi, berkoordinasi untuk kesuksesan di Titik Singgah Kirab Pemuda  2018 dan setelah mengikuti kegiatan ini, komitmen para pemuda untuk meng­hormati keberagaman di antara sesama anak bangsa semakin meningkat, harapnya.

 

 

Dalam kesempatan yang sama Kabid Kafasitas Kemenpora “Ahyani, S.Pd” menyampaikan, Kirab Pemuda Nusantara 2018 akan diiikuti oleh pemuda terbaik yang lolos dalam seleksi yang diadakan oleh Kemenpora, dimana masing-masing provinsi akan diwakili oleh 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan dan akan menjadi Peserta Inti. Kirab juga akan diikuti oleh peserta yang berasal dari duta pemuda kreatif, pemuda pelopor, perwakilan pemuda berprestasi, mahasiswa/pelajar dan komunitas komunitas pemuda kreatif.

Peserta inti kirab yang terpilih nantinya akan dibekali dengan materi mulai dari Kepemimpinan, Revolusi Mental dan 4 Pilar Wawasan Kebangsaan, Pengembangan Kepribadian dan Komunikasi Efektif, Pengembangan Jejaring untuk membangun nusantara, hingga Workshop Pengembangan Program Pasca Kirab.

Rute perjalanan Kirab ini terbagi atas 2 zona yang pertama dimulai dari Zona Sabang Aceh bergerak menuju Tangerang dan Zona Kedua yang dimulai dari Marauke Papua berakhir di Gresik Gianyar Bali dan acara puncaknya di Gianyar Bali pada tanggal 15 Nopember 2018, tambahnya.

Selanjutnya, Sekretaris Staf Ahli Kemenpora Ri “Dr. I Gusti Ngurah Bagus Sucitra” mengatakan, ada sejumlah kegiatan di setiap daerah yang dilintasi peserta kirab, yakni Konsolidasi dan Deklarasi Pemuda untuk NKRI, Tapak Tilas Kebhinnekaan, Pawai Seni dan Budaya Pemuda, Festival dan Kompetisi Film Pendek Pemuda, Festival dan Kompetisi Band Indie Pemuda, Pameran Kreativitas Pemuda, Pergelaran Kreasi Busana Muslimah Pemuda, Talkshow, Workshop, dan Seminar, Temu Komunitas Pemuda Kreatif, Bakti Sosial Lingkungan Pemuda, Pemuda Membaca kitab Suci, Olahraga Rekreasi Bersama Pemuda, dan Color Nite Run, katanya.



0 Komentar :