Kamis, 12 April 2018 - 18:13:10 WIB
PORDA SOIna 2018 Sukse di Gelar
Diposting oleh : Keolahragaan
Kategori: Keolahragaan - Dibaca: 96 kali

Mataram – Sekretaris Daerah Provinsi NTB “Ir. H. Rosiady H Sayuti, M.Sc., Ph.D”  menghadiri sekaligus membuka penyelenggaraan Pertemuan Olahraga Daerah Special Olympic Indonesia (PORDA SOIna) Tahun 2018 di Gelanggang Pemuda Mataram. (Kamis, 12/04/2018)

Hadir dalam pembukaan PORDA SOIna 2018 ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM”, Kabid Keolahragaan Dispora NTB “Anang Zulkarnaen, SH”, Kasi Pemberdayaan Olahraga “H. Amir, S.Sos”, Pengurus Kabupaten, Pelatih dan Pendamping dari Kabupaten/Kota Se NTB.

Ir. H. Rosiady H Sayuti, M.Sc., Ph.D sangat berterimakasih dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini. Sekda provinsi NTB juga memberikan motivasi kepada 104 atlet SOIna yang hadir dari 10 Kabupaten/Kota Se NTB. Para atlet ini juga akan berlaga di 6 cabang olahraga, yaitu Renang, Bocce, Futsal, Atletik, Tenis Meja, dan Bulutangkis.

Kami harapkan melalui PORDA SOIna ini, dapat menunjukkan prestasi untuk provinsi NTB baik itu di tingkat nasional atau internasional.

SOIna adalah sebuah lembaga yang berkonsentrasi di pemberdayaan atlet-atlet tuna grahita. Dimana hari down syndrome Se Dunia jatuh pada tanggal 21 Maret. Organisasi ini rutin mengadakan acara yang melibatkan anak-anak down syndrome.

Event ini bertujuan untuk mengubah pola piker masyarakat yang masih memberikan stigma negative tentang down syndrome. Karena masih banyak yang menganggap down syndrome adalah penyakit dan bagi orangtua jangan pernah putus asa atau mengeluh. Anak-anak down syndrome memiliki kelebihan dan tidak boleh diskriminatif terhadap mereka.

Selanjutnya, melalui kegiatan yang menyenangkan ini, diharapkan mereka mampu menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan, dan memperlihatkan kemampuan, keahlian, persahabatan dengan keluarga sesame atlet special olimpycs dan juga kepada masyarakat luas. Ungkapnya

Dilanjutkan pada hari itu juga pertandingannya digelar di 3 tempat, yaitu di gelanggang pemuda mataram, lapangan atletik lawata mataram, dan di kolam renang mayura mataram.

Pertandingannya berlangsung singkat, sore itu juga langsung pengumuman pemenang. Adapun atlet dari masing-masing Kabupaten/Kota yang mendapatkan mendali, yaitu mendali emas bocce putri di raih oleh linda sri komala dari kab. Lombok timur, mendali perak diraih oleh ni made putri dari kota mataram, dan mendali perunggu diraih oleh dina maulia ardayani dari kab. Lombok barat.

Bocce putra, mendali emas diraih oleh hari prayatna dari kota mataram, mendali perak diraih oleh m. feby airlangga dari kab. Dompu dan mendali perunggu diraih oleh m. tarmizi dari kota mataram.

Lari 25 meter putri, mendali emas diraih oleh umami dari Kab. Lombok barat, mendali perak diraih oleh mala dari kab. Lombok tengah dan mendali perunggu diraih oleh nur hidayah dari kota mataram.

Lari 25 meter putra, mendali emas diraih oleh m. nasir dari kabupaten Sumbawa barat, mendali perak diraih oleh m. iqbal dari kab. sumbawa dan mendali perunggu diraih oleh jamil zaini dari kab. Lombok timur.

Lari 100 meter putra, mendali emas diraih oleh nanda dari kota mataram, mendali perak diraih oleh arga syaputra dari kabupaten Sumbawa barat dan mendali perunggu diraih oleh m. fatullah dari kab. Lombok timur.

Lari 100 meter putri, mendali emas diraih oleh yusrina dari kota mataram, mendali perak diraih oleh isnaiyah dari kab. Lombok timur dan mendali perunggu diraih oleh asri dari kota mataram.

Lompat jauh putra, mendali emas diraih oleh dewa putu dari kab. Lombok barat, mendali perak diraih oleh yani kusuma w dari kab. sumbawa dan mendali perunggu diraih oleh arga syahputra dari kab. Sumbawa barat.

Lompat jauh putri, mendali emas diraih oleh isnaiyah dari kab. Lombok timur, mendali perak diraih oleh suhartini dari kab. lombok barat.

Renang putra 50 meter, mendali emas diraih oleh hasbi haer dari kab. Lombok timur, mendali perak diraih oleh nanda riski dari kota mataram dan mendali perunggu diraih oleh lalu surya jati dari kab. Lombok tengah.

Renang 50 meter gaya bebas, mendali emas diraih oleh hasbi haer dari kab. Lombok timur, mendali perak diraih oleh lalu surya jati dari kab. Lombok tengah dan mendali perunggu diraih oleh nanda riski dari kota mataram.

Futsal mendali emas diraih oleh kota mataram, mendali perak diraih oleh kab. Lombok timur, dan mendali perunggu diraih oleh kab. Lombok tengah.

Bulutangkis mendali emas diraih oleh aminollah dari kab. Sumbawa barat, mendali perak diraih oleh alamsyah dari kab. bima, dan mendali perunggu diraih oleh rendi dwi saputra dari kab. Lombok barat.

Selanjutnya, sore itu juga acara PORDA SOIna 2018 langsung ditutup oleh Kadispora Provinsi NTB “Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM” dan berpesan untuk para atlet, pelatih dan pendamping untuk tetap semangat, terus berlatih dan membimbingnya.



0 Komentar :